skema batery monitor

 punya aki kering ato  aki basah? lalu aki itu buat inverter?
masalah ini sering ditemukan dalam aki.  salah satunya aki kering . aki sering digunakan dalam sepeda motor mobil dsb. dan kita tidak tau kapan aki itu lemah energinya benar kan?  nah disni saya memposting bagaimana cara membuat batery monitor berikut skematiknya:
Sebuah monitor baterai yang sangat sederhana dapat dibuat dengan dual-LED warna dan komponen sekitarnya beberapa. The LED menghasilkan oranye ketika LED merah dan hijau menyala.
Rangkaian berikut menyala merah LED bawah 10.5V LED oranye menyala antara 10.5V dan 11.6v.
LED hijau menyala di atas 11.6v
.

 jadi kita tidak perlu mengetest dengan AVO meter meskipun yang harganya mahal, rangkaian ini sangat sederhana sekali dan minim biaya 
ato rangkaian yang ini:
  Ini rangkaian monitor baterai menggunakan 3 LED terpisah.
LED merah menyala dari 6V ke bawah 11V.
Ternyata off di atas 11V dan
The LED oranye menyala antara 11V dan 13V.
Ternyata off di atas 13V dan
LED hijau menyala di atas 13V


jika ingin idikatornya yang detail berikut rangkaianya:
 
it's very simple

                                     selamat mencoba  

16 comments:

  1. kalau untuk baterai 7,4 volt rangkaiannya bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dioda zener harus diganti sesuai voltasi baterai

      Delete
    2. Kalau saya seri dua batere type 18650 jadi zenernya pakai yang berapa volt?

      Delete
    3. Yang dimaksud type 18560 li-ion
      Buat skema I dioda 11v harus diganti dengan 9v untuk dioda 8.2v harua diganti dengan 5 v
      Untuk skema II dioda 10v diganti 8.2v untuk dioda 9.1v diganti 4 v
      Dioda yg nilainya tinggi itu menunjukan indikator penuh
      Dioda yg nilai nya rendah menunjukan baterai lemah

      Delete
    4. kalu buat untuk dektek crager BOM casan tamiya gmn ya kan rangan nya cuma travo engkel 5A 6v
      sama dioda jembatan trus keluar langsong ke terminal nya nah yg saya mau tanya itu bisa ga d buat detekot carger bom saya
      jd rangkayan yg anda buat bisa ga langsung masuk
      bales d email saya muhamaddaniel10@gmail.com

      Delete
    5. Semisal saya kasih dioda sama hasil gimana gan ?

      Delete
  2. Mw tny dunk klo min 4v dan volt led ijo ttp nyala dirange 12-7v pada skema 1 ap aj ya yg harus diganti.. trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksud saya begini.
      Saya hanya ingin ada 1 lampu menyala saat tegangan batre 18650 telah drop di 2.7V
      Berapakah nilai dioda zenernya..

      Terima kasih

      Delete
  3. Saya mempunyai batre 18650/3.7v
    Kalau dengan rangkaian I
    Nilai dioda berapa volt.
    Supaya lampu merah menyala saat batre hanya di 2.7V
    Supaya saya tahu bahwa batre harus mulai saya charge

    ReplyDelete
  4. terus ini rangkaian di pasang secara seri dg aki apa secara paralel gan ???
    tolong bls ke email saya
    jiwaseribu@gmail.com

    ReplyDelete
  5. terus ini rangkaian di pasang secara seri dg aki apa secara paralel gan ???
    tolong bls ke email saya
    jiwaseribu@gmail.com

    ReplyDelete
  6. gan klo buat batre 3.7v komponen mana saja yg harus di rubah?

    ReplyDelete
  7. Bisa mnta detail rangkaian gan
    ycibro@gmail.com
    Terima kasih

    ReplyDelete

Pages