lampu otomatis menggunakan LDR


biasanya lampu otomatis dipergunakan untuk lampu taman atau lampu rumah DSB. biasanya lampu otomatis ini banyak dijual di toko elektronik yang harganya tidak lebih dari rp50,000 , biasanya yang malas mematikan/menghidupkan lampu, ada carnya untuk tidak MENYALAKAN SECARA MANUAL KINI SAYA telah menemukan solusinya yaitu dengan membuat rangkaian berikut ini:

 Berikut ini adalah rangkaian lampu dikendalikan cahaya. Ini pada dasarnya adalah sebuah Schmitt Trigger yang menerima masukan dari sel kadmium sulfida foto dan mengontrol relay yang dapat digunakan untuk beralih lampu dan mematikan waktu fajar dan senja. Sel foto harus terlindung dari lampu untuk mencegah umpan balik sehingga cahaya lampu tidak menyerang sel foto dan matikan lampu.
Sel foto adalah kabel secara seri dengan, potensiometer VR1 sehingga tegangan di dasar transistor Q1 dapat disesuaikan dengan sekitar setengah pasokan, pada tingkat cahaya ambient yang diinginkan. Kedua transistor PNP terhubung dengan resistor emitor umum untuk menghasilkan kesenjangan antara tegangan dan mematikan - disebut GAP histeresis.
Dalam kondisi gelap, perlawanan sel foto akan tinggi menghasilkan tegangan pada dasar Q1 yang lebih tinggi dari tegangan basis pada Q2. Hal ini menyebabkan Q2 untuk melakukan dan mengaktifkan relay.
Poin beralih sekitar 8 volt dan 4 volt menggunakan resistor nilai ditampilkan tetapi dapat dibawa lebih dekat bersama-sama dengan menggunakan nilai yang lebih rendah untuk R3. Sebuah nilai 3k3 akan memindahkan tingkat menjadi sekitar 3.5V dan


SELAMAT MENCOBA............................................... 


No comments:

Post a Comment

Pages