SKEMA batery chager aki otomatis



sebagaian chager banyak ada indikator full nya tetapi bila kita lupa mencabutnya. wah ini repot. nanti akinya rusak. biasanya ada chager otomatis tetapi voltasinya harus yang 15v! dan perlu rangkaian komponen yang banyak, bagaimana caramembuat chager yang minim rangkaianya? berikut skematiknya!!!!:


Ini adalah sederhana pengisi baterai otomatis dunia.
Ini terdiri dari 6 komponen, ketika terhubung ke pak steker 12v DC. Steker pack harus menghasilkan lebih dari 15V pada tanpa beban (yang kemasan kebanyakan plug lakukan.) Sebuah alternatif 15V transformator dan transformator pusat-mengetuk juga ditampilkan. Sebuah transformator pusat-mengetuk disebut sebagai: 15V-CT-15V atau 15-0-15
Relay dan transistor tidak kritis sebagai pot 1k disesuaikan sehingga relay tetes-out di 13.7v.
Steker pack bisa 300mA, 500mA atau 1A dan arus akan tergantung pada ukuran baterai 12v Anda pengisian.
Untuk sel gel 1.2Ah, arus pengisian harus 100mA. Namun, charger ini dirancang untuk menjaga baterai atasnya-up dan akan memberikan arus dalam ledakan singkat seperti itu, bahwa arus pengisian tidak penting.
Hal ini berlaku jika Anda menjaga baterai terhubung saat itu sedang digunakan. Dalam hal ini charger akan menambah output dan memberikan beberapa arus ke beban saat pengisian baterai. Jika Anda mengisi sel datar (baterai 12v datar - baterai 12v habis), saat ini tidak boleh lebih dari 100mA.
Untuk baterai 7AH, saat ini dapat 500mA. Dan untuk baterai yang lebih besar, saat ini dapat 1Amp.

 
MEMASANG
Pasang pengisi daya ke baterai dan menempatkan meter digital di baterai. Sesuaikan pot 1k sehingga relay tetes keluar secepat tegangan naik sampai 13.7v.
Tempatkan resistor 2watt 100R di baterai dan menonton drop tegangan.
Pengisi harus menyala saat tegangan turun menjadi sekitar 12.5V. Tegangan ini tidak sangat kritis. Hal ini terjadi untuk menjadi "histeresis" dari rangkaian dan ditentukan oleh nilai dari beban di kolektor transistor.
22U berhenti relay "memekik" atau "berburu" ketika beban terhubung ke baterai dan pengisi baterai sedang diisi. Dengan meningkatnya tegangan baterai, arus pengisian mengurangi dan tepat sebelum relay tetes keluar, itu jeritan sebagai tegangan naik dan turun karena aksi dari relay. 22U ini mencegah ini "chattering".
Untuk meningkatkan Histeresis: Dalam kata lain, menurunkan tegangan dimana rangkaian pemotongan-in, tambahkan 270R di seberang kumparan relay. Hal ini akan meningkatkan arus yang dibutuhkan oleh transistor untuk mengaktifkan relay dan dengan demikian meningkatkan kesenjangan antara dua titik aktivasi. Tarik-in titik pada panci akan lebih tinggi dan Anda akan memiliki kembali menyesuaikan panci, tapi titik drop-out akan sama dan dengan demikian kesenjangan akan lebih luas.
Di sirkuit kami, cut-in tegangan adalah 11.5V dengan 270R di relay.
Catatan: Tidak ada dioda diperlukan di relay karena transistor pernah sepenuhnya dimatikan dan tidak ada EMF kembali (spike) diproduksi oleh relay.


SELAMAT MENCOBA.............................. 

13 comments:

  1. mantap rangkaiannya bgm kalau untuk mengisi battere 24v 20A ,perubahan apa saja yang diganti,,

    ReplyDelete
  2. mas mo nanya ,,, rangkaian yang ku buat 270 R nya kok panas bangett mas,,, kira22 apa sebabbnya... tapi rangkaian nya berfingsii mass ??? trimms

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa saja resistor dan relay kurang pas penyolderannya
      bisa saja berlebihan beban dari aki tsb

      Delete
  3. Tak copas ya mas,makasih sebelum e,bagi2 ilmu semoga bermanfaat dunia akirat...

    ReplyDelete
  4. Yang benar nilai resistornya 1k apa 100 ohm tu ko ga sama skema dgn keteranganya ?
    cukup simpel juga skemanya sip dan praktis

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu menggunakan resistor 1k sama 10k
      maaf ada kesalahan nulis

      Delete
  5. Ini rangkaian pasti jadi kn gan ?

    ReplyDelete
  6. Kalau pakai trafo 10A bisa kah?

    ReplyDelete
  7. Pak mau nanyak. Bisa buat cas hp tidak?

    Klo gak bisa apa yg perlu di ganti biar sesuai volt & amper nya. Makasih

    ReplyDelete
  8. Charger Aki Otomatis Terbaik Saat Ini "Automac Charger Aki Otomatis Dual System Canggih Auto ON Auto OFF", Asli Produk Indonesia. Supportlah Produk Produk Asli Anak Bangsa Indonesia

    www.automacindo.com

    ReplyDelete
  9. Mas plug pack bisa diganti pake trafo apa gk

    ReplyDelete

Pages