skema pendeteksi tingkat air



 dan kita pastinya tau kan kalo air itu cair yalah ....................... oke sekarang kita aka membuat sebuah rangkaian pendeteksi tingkat air berikut skematiknya:

Sirkuit ini dapat digunakan untuk secara otomatis menjaga tangki sundulan diisi. Ini menggunakan relay dua-kutub. Ini adalah versi transistor dari rangkaian di bawah ini.
Berikut adalah rangkaian menggunakan 555:
Ini adalah fakta yang harus Anda ingat. Di sirkuit kami, Pins 2 dan 6 mendeteksi tegangan ketika air tidak menyentuh probe, karena resistor 100k. Ketika air menyentuh probe, pin tidak "mendeteksi tegangan."
Jangan khawatir tentang pin 2 mendeteksi 1/3 dari tegangan rel dan pin 6 mendeteksi 2/3 dari tegangan rel. Di sirkuit kami pin baik mendeteksi tegangan atau tidak mendeteksi tegangan. Pin 2 mendeteksi RENDAH dan pin 6 mendeteksi TINGGI. Pin 2 tidak apa-apa ketika mendeteksi TINGGI dan pin 6 tidak apa-apa jika mendeteksi RENDAH.
Ketika air adalah RENDAH, seperti yang ditunjukkan pada gambar 1, kedua pin 2 dan 6 adalah TINGGI dan output dari 555 adalah RENDAH.
Ketika air naik, seperti yang ditunjukkan pada gambar 2, Pin 6 pergi rendah tapi tidak ada yang terjadi ke pin 3 kecuali chip "telah disiapkan melalui internal flip-flop" untuk berubah ketika pin 2 pergi RENDAH. Ketika air mencapai pin 2, seperti yang ditunjukkan pada gambar 3, pin ini "gagal untuk melihat TINGGI," output dari chip berjalan TINGGI dan pompa dimatikan.
Seperti tingkat air turun, seperti yang ditunjukkan pada gambar 4, pin 2 melihat seorang TINGGI tapi ini tidak mengubah 555 sebagai pin 2 hanya memiliki efek ketika ia pergi RENDAH.
Bila tingkat air turun lebih jauh, seperti yang ditunjukkan pada gambar 5, pin 6 melihat seorang TINGGI dan karena pin 2 tidak melihat RENDAH, chip akan mengubah negara. Output pergi RENDAH.




selamat mencoba...................

 


No comments:

Post a Comment

Pages