skema lampu emrgency dengan lampu tl


mungkin kebanyakan kamu mempunyai lampu emergency  yang sudah rusak lalu  beli yang baru. JANGAN TERBURU-BURU UNTUK DI LEM BIRU DULU  yang artinya (lempar beli yang baru) pasti ada yg bisa digunakan lagi. yaitu aki baterainya. daripada beli mahal-mahal mendingan pake yg ada di emergencynya.kali ini saya akan memposting tentang lampu emergency menggunakan lampu tl 20 watt. lampu ini cukup menerang ruangan yang luas. karena menggunakan lampu tabung neon 20 watt. berikut skematiknya:

rangkaian tersebut adalah sekitar 22 watt dan ini akan menghasilkan output cahaya yang sama sebagai dunia 60 watt.Dengan fluoro pengoperasian normal pada listrik 240V, pemberat (atau choke) diperlukan secara seri dengan tabung untuk membatasi arus setelah tabung telah "menyerang". Ballast ini menghilang sekitar 10-20 watt untuk tabung 20 watt dan mengurangi efisiensi sirkuit.Jika pemberat tersebut diganti dengan sirkuit elektronik dan transformator frekuensi tinggi, kerugian kurang dari 5 watt. Selain itu, jika kita tidak mengarahkan tabung sekeras versi 240V kita bisa mendapatkan efisiensi yang lebih baik.Ukuran tabung, Anda akan perlu, akan tergantung pada area yang ingin Anda menerangi dan kapasitas baterai yang telah tersedia, namun itu adalah penting untuk menyadari bahwa tabung watt yang lebih tinggi menawarkan efisiensi terbesar.Hal ini karena mereka memiliki panjang lebih panjang dan diameter yang lebih besar (daripada mengatakan sebuah tabung 8 watt) dan memberikan lebih banyak cahaya daerah yang lebih luas. Itulah sebabnya kami telah berkonsentrasi desain kami pada tabung 40 watt. Anda bisa mendapatkan banyak sirkuit dan perangkat yang daya tabung 4, 6 dan 8 watt tapi tidak ada yang telah dilakukan untuk berbagai 40 watt.Ada berbagai lain tabung, biasanya disebut sebagai "fluoro kompak" atau fluoro efisiensi tinggi. Ini adalah tabung neon dilipat memiliki peringkat baik 11 watt, 13watts atau 18watts. Mereka tidak tercakup dalam proyek ini karena mereka mahal untuk anak laki-laki dan lebih sulit untuk mengemudi. Mereka benar-benar didorong SANGAT SULIT dan jika Anda merasa salah setelah telah dinyalakan selama beberapa menit Anda akan menemukan tabung cukup hangat. INGAT! TRANSISTORNYA HARUS DIBERI HETSINK!

LALU ADA YANG TANYA : ''trafone ngawe ukuran seng opo yo?''(trafonya pake ukuran yang berapa ya?) 

jawaban: kita tidak perlu membeli sebuah trafo. kita buat sendiri trafoya caranya?:
siapkan bahan pertama yaitu :
1.kertas
2.esolasi/selotip
3.batang feritee
4. kawat email
 untuk batag ferite diperoleh dari radio AM bekas. untuk kawat emailnya diperoleh bekas trafo ballast. berikut cara melilitkanya:
Yang inti ferit dari transformator adalah sebuah batang antena dari radio transistor tua. Anda bisa menggunakan antena slab tapi kami telah memilih batang berdiameter 10mm, 8cm panjang dan berliku pertama untuk luka pada hal itu disebut primer.Ini terdiri dari 58 putaran kawat spasi agak terpisah sehingga yang menempati 6cm pusat batang. Hal pertama yang harus dilakukan adalah angin dua lapisan isolasi di sekitar batang sehingga kawat tidak menyentuh batang dan membuat pendek.Tinggalkan pertama 8 - 10cm kawat dan mulai berkelok-kelok dengan tebal 0,61 mm kawat. Tapi pertama memegang ujung kawat di tempat dengan sepotong pendek selotip dilipat terhadap dirinya sendiri dan terjebak sepanjang batang, dimana berliku untuk ditempatkan. Lanjutkan berliku dan memperbaiki ujung lainnya dengan cara yang sama, meninggalkan 8-10 cm untuk menghubungkan ke seluruh komponen.Tempatkan satu lapisan kertas di atas gulungan ini dan mengamankan kedua awal dan akhir dari kertas dengan selotip. Pastikan ini kertas isolasi ketat dengan menggulungnya seperti rokok sebelum lengket-taping.Lapisan berikutnya disebut umpan balik berliku dan terdiri dari 13 putaran tipis mm kawat .28, luka dalam mode spiral sehingga tidak memakan panjang penuh 6cm tersebut.Hentikan baik awal dan akhir dari gulungan dengan selotip untuk mencegah unwinding. Tutupi dengan lapisan isolasi.Sekarang, untuk berkelok-kelok akhir, disebut sekunder.Ini terdiri dari 450 putaran .28 mm kawat, luka di 3 lapisan 150 putaran.Gulungan tidak harus rapi dan Anda bisa dengan mudah campur aduk-angin berubah dan itu akan bekerja dengan sempurna ok, namun ada dua faktor yang perlu diingat.Tegangan antara awal dan akhir dari lilitan ini akan menjadi sekitar 1.000 volt dan isolasi pada kawat hanya sekitar 100V. Jadi awal dan akhir tidak harus dekat satu sama lain. Hal ini juga berlaku untuk sebagian besar ternyata lain sehingga cara terbaik untuk mencegah-turn batin macam adalah untuk hati-hati angin ternyata saling berdampingan.Ini juga menghasilkan hasil yang terbaik.Tinggalkan 8-10 cm kawat dan tahan awal di tempat dengan sepotong lengket-tape dilipat terhadap dirinya sendiri dan menempel isolasi. Angin 150 ternyata rapi di 6cm dari transformator dan tahan giliran terakhir di tempat dengan selotip sebelum menempatkan lapisan isolasi selama berliku. Lanjutkan dengan lapisan berikutnya dan satu lagi, membuat total 450 putaran.Tutup lapisan terakhir dengan isolasi, timah ujung masing-masing dari gulungan dengan solder besi panas dan banyak solder dan transformator selesai.
  SELAMAT MENCOBA..........................
MASIH BINGUNG? SILAKAN KOMENTAR!!!!!!!!!!!

 

8 comments:

  1. kawat emailnya perlu di esolasi juga gk?

    ReplyDelete
  2. gk yang perlu di esolasi cuman batang feritte nya doang

    ReplyDelete
  3. batang feritee nya itu di lapisi kertas jyga ya? kayak gambar di atas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kawat emailnya pake yg diameter berapa,

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. untuk 'suhadi' sebenarnya kawat e-mail yang putarannya 58 dan 13 menggunakan 0.28mm untuk yang putaranya paling banyak 450 menggunakan 0.61mm

      Delete
  4. klo cara diatas digunakan untuk menyetrum ikan di sungai kira2 bisa gx, terima kasih

    ReplyDelete

Pages