SKEMA NI-CD BATERY CHARGER

batery ni-cd atau batery yang bisa di charger biasaya dipakai untuk mobil remot, atau radio dll. baterai ini bertegangan 1.2v dibandingkan baterai biasa. 1.5v atau setengah volt. nah bila kalian me mpunyai mobil remot dan baterainya menggunaka baterai nicd seperti gambar diatas. tetapi tidak punya charger nicdnya. bagaimana skemanya. berikut skematiknya:
Ini pengisi daya baterai NiCd dapat mengisi hingga 8 sel NiCd dihubungkan secara seri. Angka ini bisa meningkat jika power supply meningkat sebesar 1.65V untuk setiap sel tambahan. Jika BD679 dipasang pada heatsink yang baik, tegangan input dapat ditingkatkan sampai maksimal 25v. Rangkaian tidak discharge baterai jika charger terputus dari power supply.
Biasanya sel NiCd harus dibebankan pada tingkat 14 jam. Ini adalah arus pengisian 10% dari kapasitas sel selama 14 jam. Hal ini berlaku untuk sel hampir datar. Misalnya, sel 600 mAh dikenakan biaya 60mA selama 14 jam. Jika arus pengisian terlalu tinggi akan merusak sel. Tingkat pengisian saat ini dikendalikan oleh pot 1k dari 0mA ke 600mA. BC557 dihidupkan ketika sel-sel NiCd dihubungkan dengan polaritas yang tepat. Jika Anda tidak dapat memperoleh BD679, menggantinya dengan NPN Darlington transistor daya menengah yang memiliki tegangan minimum 30V dan kemampuan arus 2A. Dengan menurunkan nilai dari 1 ohm resistor 0,5 ohm, arus output maksimum dapat ditingkatkan menjadi 1A.

GUNAKAN HEATSINK UNTUK TRANSISTOR BD679

SELAMAT MENCOBA....................

2 comments:

Pages