skema penerima sinyal remote

 remote banyak kita temui di pasar elektronik surabaya lt 2 yaitu pasar genteng surabaya, berbagai macam merk dan bentuk hingga harga yang murah, kini jenis remote banyak digunakan untuk tv,ac,proyektor,dvd,dan lainya. nah kita tidak tau kapan remote itu rusak, banyak tester remote terjual di pasaran elektronik. tetapi bila kita malas untuk membeli dan membuatnya bagaimana kita cek dengan menggunakan kamera hp atau kamera digital.
1. didepan remote ada sebuah lampu IR LED kita hadapkan pada kamera hp
2. pencet salah satu tombol tahan terus sampai IR LED menyala
3. ketika remote itu normal maka akan menyala warna ungu seperti gambar ini:
 4. ketika IR LED remote tidak menyala berati menandakan baterai remote sudah  habis atau remote sudah tidak berfungsi lagi
nah untuk receivernya (penerima sinyal remote) ada di bagian tv atau dvd nya biasanya komponenya berwarna hitam dengan kaki 3 sama seperti transistor dengan harga rp.5000. kita bisa buat sendiri receivernya dengan komponen tak begitu membingungkan berikut skematiknya:
Sirkuit ini merupakan pemancar IR dan penerima IR dengan detektor 38kHz TSOP 1738 di penerima. Ini berarti sirkuit akan kebal terhadap cahaya ambient. Motor diaktifkan bila pemancar AKTIF.
SEBELUM DIRAKIT KE PCB GUNAKAN PROJECT BOARD DAHULU!
untuk pemancar remotenya. gunakan yang khusus berikut skematik untuk pemancar remote:
source of: http://www.talkingelectronics.com/te_interactive_index.html

SELAMAT MENCOBA...............

3 comments:

Pages