cara mengganti baterai cmos pada laptop



hai, para pengunjung blog saya.hehehehe.... saya mau kasih info dikit tentang mengganti baterai cmos pada laptop......selain saya mempostig skema saya sekedar kasih info dikt..... tanpa basa-basi lagi kita aka mengganti baterai CMOS pada laptop. APA ITU CMOS? yaitu Complementary metal–oxide–semiconductor (CMOS) atau semikonduktor–oksida–logam komplementer, adalah sebuah jenis utama dari rangkaian terintegrasi. Teknologi CMOS digunakan di mikroprosesor, pengontrol mikro, RAM statis, dan sirkuit logika digital lainnya.
ciri-ciri  baterai cmos rusak adalah:
1. jam dan tanggal sudah tidak sesuai atau kembali ke deafult.
2. pengaturan bios akan kembali ke deafult
3. Menyebabkan hang ditengah-tengah pengoperasian dan startup.
4. Menyebabkan Komputer Black display .
5. Kerusakan permanen pada mainboard jika baterai CMOS yang sudah rusak tetap dibiarkan dan tidak diganti dengan yang baru.
untuk itu saya pun langsung membeli  baterai CMOS seharga 5000nrupiah saja saya sudah dapet baterainya..... bermerk maxell cr 2032 berikut caranya:
1 . buka casing laptop
 2.  ambil baterai CMOS nya lalu ganti yang baru biasanya yg berbungkus hitam (untuk konektornya bisa di pake lagi)


3 .buka bungkus hitamnya lalu baterai barunya disolder:

4. gunakan selotip atau esolasi hitam untuk membungkus  kembali baterainya, lalu pasang baterainya.

5 .setelah ter esolasi rapi  pasang casing nya kembali  lalu hidupkan komputer.
 pertama dihudapkan biasanya cmos kembali ke deafult atau cmos cheksumbad
setelah saya atur jam dan tanggal cmos kembali normal.........................


SEMOGA BERMANFAAT.......................................................

No comments:

Post a Comment

Pages