SKEMA SAKLAR PUSH ON PUSH OFF



jaman sekarang sakelar mudah didapat di toko elektronik mulai dari sakelar on-off, push button, puss swith,dll sekarang sakelar diganti dengan sakelar elektronik yaitu sakelar dengan pushh on. cara kerjanya adalah yaitu dengan menekan sekali push on ini maka akan menyala terus  menerus. untuk itu saya akan memposting bagaimana cara mem buat sakelar elektronik. berikut skematiknya:
Ketika sirkuit diaktifkan, kapasitor C1 biaya melalui dua resistor 470K. Ketika saklar ditekan, tegangan pada C1 akan diteruskan ke Q3 untuk menyalakannya. Hal ini ternyata pada Q1 dan tegangan dikembangkan di R7 akan membuat Q1 dihidupkan ketika tombol dilepaskan.
Q2 juga diaktifkan selama waktu ini dan itu debit kapasitor. Ketika saklar ditekan lagi, kapasitor dalam keadaan habis dan ini tegangan nol akan diteruskan ke Q3 mematikannya. Ini mematikan Q1 dan Q2 dan kapasitor mulai mengisi lagi untuk mengulangi siklus.


SDELAMAT MENCOBA............

15 comments:

  1. Klo supplynya pake 9 volt bisakah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa...tapi disarankan menggunakan power supply bukan baterai

      Delete
    2. Kalo dipakai tegangan 20 sampao 24 volt gimana.?

      Delete
    3. Kalo dipakai tegangan 20 sampao 24 volt gimana.?

      Delete
  2. Gan, ane sudah coba sesuai skema di atas, tapi koq gak bisa ya?
    atau ada yang salah ya?

    ReplyDelete
  3. coba cek transistor kaiknya emitor basis kolektornya jangan samapai terbalik dan waktu penyolderannya jangan terlalu panas karena transistor mudah rusak
    (saya teman sekaligus rekan dari ekky yudha, sekalian

    ReplyDelete
  4. bagaimana saklar jika ditekan satunya on dan satunya off?

    ReplyDelete
  5. masih gagal, entah dimana masih salahnya, C1 berapa Volt gan,

    ReplyDelete
  6. mas bisa tolong kasih saya rangkaian seperti ini : S1 (push on) ketika ditekan 1 kali outputnya akan ON TERUS (misal bebannya sirine), jika ingin mematikan outputnya (OUTPUT JADI OFF) harus ditekan S2 (push on juga), tidak bisa di OFF kan dengan menekan S1. Jadi fungsi S2 untuk mereset saja. Terimakasih.

    ReplyDelete
  7. mantap jiwa....Q2 dan Q3 pake tr 1815 Q1 pake A564 untuk pemutus saya pake relay 12v alhasil MEMUASKAN.....MANTAP OMM makasih ilmunya sangat membantu..

    ReplyDelete
  8. Kalau untuk arus listrik 220 volt untuk skemanya dan ukurannya sama tidak?

    ReplyDelete
  9. Ini boleh nggak om kapasitor nya di ganti yang lain

    ReplyDelete

Pages