PENDETEKSI CAHAYA



rangkaian alat pendeteksi cahaya menggunakan LDR (light dependent resistor) yaitu ldr
ldr adalah komponen pengganti resistor yang nilainya dapat berubah-ubah sesuai cahaya yang diterimanya misal: ketika cahaya yang diterima pada LDR banyak maka nilai LDR pun akan besar, begitu juga sebaliknya jika cahaya yang diterima LDR adalah gelap maka nilainya pun kecil. untuk itu saya ajak kalian untuk membuat pendeteksi cahaya berikut skematiknya:

Sirkuit ini mendeteksi cahaya yang jatuh pada sel-Foto (Light Dependent Resistor) untuk menghidupkan 555 dan menciptakan nada yang disampaikan kepada pembicara. Pin 4 harus diadakan di bawah 0,7 V untuk mengubah off 555. Setiap tegangan 0,7 V di atas akan mengaktifkan sirkuit. Kontrol sensitivitas disesuaikan diperlukan untuk mengatur tingkat di mana sirkuit tersebut diaktifkan. Ketika pot sensitivitas diaktifkan sehingga memiliki ketahanan terendah (seperti yang ditampilkan dalam warna merah), sejumlah besar cahaya harus dideteksi oleh LDR untuk ketahanan terhadap menjadi rendah. Ini menghasilkan tegangan-pembagi terdiri dari LDR dan resistor 4k7. Sebagai perlawanan dari LDR menurun, tegangan meningkat 4k7 dan sirkuit diaktifkan.
Ketika kontrol sensitivitas dibawa ke rel 0V, ketahanan meningkat dan ini efektif menambah ketahanan terhadap 4k7 tersebut. Semakin rendah-bagian dari pembagi tegangan-sekarang memiliki ketahanan yang lebih besar dan ini adalah seri dengan LDR. Kurang cahaya dibutuhkan pada LDR untuk itu untuk menaikkan tegangan pada pin 4 untuk menghidupkan 555 on.


SELAMAT MENCOBA..............................

No comments:

Post a Comment

Pages