membuat lampu dengan daya 1 WATT



 led ato yang sering disebut lampu led. biasanya membutuhkan tegangan listrik yang kecil. dan led ini ukuranya kecil meskipun watt yang  dibutuhkan juga kecil. sampai orang-orang inigi mengubah lampu neon menjadi lampu led. karrena led ini mnehemat lisrik. nah saya tertarik  untuk membuat lampu led yang banyak. tetapi kan membutuhkan daya yang banyak juga? jangan khawatir ada skemanya. berikut skematiknya:
 Sirkuit ini telah dirancang khusus untuk baterai isi ulang 6V atau 5 x 1.2V sel NiCad. Jangan menggunakan tegangan lainnya.Ini memiliki banyak fitur:Pulsa-operasi untuk kedua LED 1 watt memberikan arus tinggi untuk waktu singkat dan ini meningkatkan kecerahan.Rangkaian dapat mendorong dua 1-watt LED dengan kecerahan yang sangat baik dan ini membuatnya lebih efisien daripada desain lainnya.Rangkaian adalah osilator frekuensi tinggi dua transistor dan bekerja seperti ini:BD139 dihidupkan ON melalui basis, melalui LED putih dan dua sinyal dioda dan menguatkan saat ini muncul meskipun sirkuit kolektor-emitor. Ini arus mengalir meskipun 1-watt LED untuk mengubahnya ON dan juga melalui 30-turn berliku induktor. Pada saat yang sama arus melalui 10R menciptakan tegangan-drop dan ketika tegangan ini meningkat menjadi 0.65v, BC547 transistor mulai ON. Ini merampas dasar BD139 dari "turn-on tegangan" dan arus melalui induktor berhenti untuk memperluas fluks, tetapi fluks stasioner.pada 1n kapasitor awalnya mendorong terhadap tegangan bertingkat di dasar BC547 tetapi sekarang memiliki reverse-efek yang memungkinkan BC547 untuk nyalain.Ini mematikan BD139 sedikit lebih dan arus melalui induktor mengurangi.Ini menciptakan fluks runtuh yang menghasilkan tegangan koil dalam arah yang berlawanan. Tegangan ini melewati melalui 1n untuk menghidupkan BC547 ON dan BD139 sepenuhnya dimatikan.Induktor efektif menjadi baterai miniatur dengan negatif pada LED yang lebih rendah dan positif pada anoda dari Ultra Fast dioda. Tegangan yang dihasilkan oleh induktor mengalir melalui dioda UF dan kedua LED 1 watt untuk memberi mereka lonjakan arus tinggi. Rangkaian beroperasi pada 500kHz sekitar dan ini akan tergantung pada induktansi dari induktor.Rangkaian memiliki efisiensi sekitar 85% karena adanya resistor pembatas arus, dan menutup pada 4v, sehingga mencegah deep-discharge dari sel dapat diisi ulang atau baterai 6V.Bagian pintar dari rangkaian tersebut adalah LED putih dan dua dioda. Hal ini membentuk sebuah referensi zener untuk mengaktifkan sirkuit off di 4v. The 10k resistor membantu juga.Rangkaian mengambil 70mA pada kecerahan rendah dan 120mA pada kecerahan TINGGI melalui kecerahan-switch.LED benar-benar mendapatkan pulsa 200mA saat ini dan ini menghasilkan kecerahan tinggi.

INDUKTOR:
Kumparan atau induktor tidak kritis. Anda dapat menggunakan batang antena rusak dari radio AM (atau antena flat slab) atau induktor dari power supply komputer. Carilah sebuah induktor dengan beberapa putaran kawat tebal (setidaknya 30) dan kamu tidak akan harus kembali gulung.
Berikut adalah dua induktor dari 
Surplus:

 Pilih sebuah induktor yaitu sekitar 6 mm diameter 10mm dan 10mm ke 15mm tinggi. Induktor yang lebih besar tidak akan melakukan kerusakan apapun. Mereka hanya memiliki lebih banyak bahan ferit untuk menyimpan energi dan tidak akan jenuh. Ini adalah sirkuit yang memberikan energi untuk induktor dan kemudian induktor melepaskannya ke LED melalui kecepatan tinggi dioda.

PERBAIKAN
Dengan menggunakan ide berikut, saat ini tereduksi menjadi 90mA dan 70mA dan pencahayaan lebih dari meja kerja jauh lebih baik daripada satu daya tinggi LED. Hal ini lebih terang dan jauh lebih baik untuk bekerja di bawah.
Hubungkan lima belas LED 5mm secara paralel (saya menggunakan 20.000 mcd LED) dengan solder kepada strip dua sisi papan PC, 10mm lebar 300mm dan panjang. Ruang mereka sekitar 20mm. Aku tahu kamu tidak harus menghubungkan LED secara paralel, tapi konsep bekerja sangat baik dalam kasus ini. Jika beberapa LED memiliki karakteristik tegangan tinggi dan tidak menerangi sangat terang, cukup mengganti mereka dan menggunakannya kemudian untuk lain strip.
Anda dapat mengganti salah satu atau kedua LED 1 watt dengan LED Strip, seperti yang ditunjukkan di bawah ini:

Tidak ada arus-batas resistor. . . mengapa LED tidak rusak?
Inilah mengapa LED tidak rusak:
Ketika BD139 transistor berubah ON, arus mengalir melalui LED dan induktor. Saat ini secara bertahap meningkat karena bertahap balik pada transistor dan juga meningkat melalui induktor. Induktor ini juga memiliki efek memperlambat-down "di-rush" dari saat ini karena memperluas fluks memotong lilitan kumparan, sehingga ada "efek ganda" pada menghindari arus awal yang tinggi. Itulah mengapa ada sedikit kesempatan untuk merusak LED.
Ketika mencapai 65mA, itu menghasilkan tegangan 0,065 x 10 = 650mV seluruh 10R resistor, tapi 1n adalah mendorong terhadap peningkatan ini dan mungkin harus naik ke 150mA untuk menghidupkan BC547. LED dapat menahan 4 kali arus normal untuk periode yang sangat singkat waktu dan itulah yang terjadi dalam kasus ini. BD139 tersebut kemudian dimatikan oleh tegangan yang dihasilkan oleh induktor karena fluks magnetik runtuh dan lonjakan arus tinggi akan diteruskan ke LED melalui kecepatan tinggi dioda. Selama setiap siklus, LED menerima dua pulsa arus tinggi dan ini menghasilkan kecerahan yang sangat tinggi dengan sedikit energi dari suplai. Semua komponen berjalan "dingin" dan bahkan LED 1 watt hampir tidak hangat.
  
Pengisian dan Pengosongan
Proyek ini dirancang untuk menggunakan semua sel NiCad lama kamu dan baterai ponsel.
Tidak masalah jika kamu mencampur ukuran dan jenis sebagai rangkaian membutuhkan arus rendah dan menutup off saat tegangan sekitar 4v untuk paket 6V.
Jika Anda mencampur sel 600mA-Hr dengan 1650mA-Hr, 2.000 mA-Hr dan 2.400 mA-Hr, sel kapasitas terendah akan menentukan waktu operasi.
Kapasitas dari sel yang disebut "C."
Biasanya, sel dibebankan pada 14 jam tingkat.
Arus pengisian adalah 10% dari kapasitas. Untuk sel-600mA Hr, ini adalah 60mA. Dalam 10 jam akan terisi penuh, namun pengisian tidak 100% efisien sehingga kita membiarkan lain 2 sampai 4 jam.
Untuk 2.400 mA-Hr sel, itu adalah 240mA. Jika Anda mengisi mereka lebih cepat dari tingkat 14-jam, mereka akan mendapatkan panas dan jika mereka mendapatkan sangat panas, mereka mungkin bocor atau bahkan meledak. Namun proyek ini dirancang untuk diisi melalui panel surya menggunakan 100mA ke 200mA sel, sehingga tidak akan rusak.
Idealnya baterai habis di C/10 rate. Ini berarti baterai akan bertahan 10 jam dan untuk sel-600mA Hr, ini adalah 60mA. Jika Anda membuangnya pada "C-tingkat," secara teoritis akan berlangsung 1 jam dan arus akan 600mA. Tetapi pada 600mA, sel-sel mungkin hanya berlangsung 45 menit. Jika Anda debit di C / 5 tingkat, itu akan berlangsung 5 jam.
Proyek kami membutuhkan 120mA sehingga tidak ada sel akan terlalu stres. Sebuah sel 600mA-Hr akan berlangsung sekitar 4-5 jam, sedangkan sel-sel lain akan bertahan hingga 24 jam. Cobalah untuk menjaga kapasitas masing-masing sel dalam "baterai-pack" sama.


SELLAMAT MENCOBA...  

2 comments:

  1. Dua transistor bekerja sebagai oscilator dan juga rangkaian constant current...
    Apakah bisa BD139 diganti mosfet??

    ReplyDelete

Pages