skema lampu tepuk


lampu tepuk  atau clap switch digunakan dalam lampu led . kini sakelar manual digati dengan sakelar manual tapi dengan tepukan. nah seperti teknologi. bahan yang mudah dicari dan tak membingungkan.berikut skematiknya:
 
Sirkuit ini matikan LED setiap kali mendeteksi bertepuk tangan atau keran atau peluit pendek.
Para 10U kedua dibebankan melalui 5K6 dan 33k dan ketika suara terdeteksi, pesiar negatif dari gelombang mengambil ujung positif dari 10U menuju rel 0V. Akhir negatif 10U benar-benar akan pergi di bawah 0V dan ini akan menarik dua 1N4148 dioda sehingga ujung anoda akan memiliki mendekati nol volt pada mereka.
Sebagai tetes tegangan, transistor dalam sirkuit bi-stabil yang dinyalakan, akan memiliki 0.6V di pangkalan sementara transistor yang dimatikan, akan memiliki nol volt di pangkalan. Sebagai anoda dari dioda sinyal keduanya dibawa rendah, transistor yang diaktifkan, akan mulai mematikan dan transistor lainnya akan mulai untuk mengaktifkan melalui 100u dan 47k. Seperti mulai menyalakan, transistor yang awalnya dihidupkan akan mendapatkan lebih sedikit "turn-on" dari 100u dan 47k dan dengan demikian beralih dua atas sangat cepat. Para kolektor dari transistor ketiga dapat diambil untuk transistor penyangga untuk mengoperasikan perangkat relay atau lainnya.


SELAMAT MENCOBA............................................. 

2 comments:

  1. gan, nama/type sensornya apa ya ? tolong bantu buat praktek sekolah...
    bisa di email ajakah ?
    email : dhoniscout@yahoo.com

    ReplyDelete
  2. Ini tanpa relay 12volt bang ? Ada yg sepaket ga bang sama relay 12volt nya

    ReplyDelete

Pages